Silahkan pilih Templates yang anda suka di Project. Apabila anda berminat menggunakan jasa kami silahkan hubungi kami di :  081386428954 , Atau datang langsung di Kantor Pusat : jl Palem No 1 Beji Depok Jawa Barat :Indonesia

Friday 28 June 2013

Membuat Meta Tag Kata Kunci Di Blogger



Membuat Meta Tag Kata Kunci Di Blogger
Meta tag kata kunci / keyword merupakan sebuah elemen penting yang harus dimiliki oleh sebuah situs website atau blog agar dapat di indeks oleh mesin pencarian sehingga nantinya situs tersebut akan muncul dihalaman situs mesin pencarian. Meskipun terlihat sederhana, tetapi sebenarnya pemilihan kata kunci untuk sebuah situs website atau blog akan menjadi penentu apakah situs tersebut mampu menjaring banyak kunjungan yang datang dari mesin pencarian dan menurut kami menentukan kata kunci yang baik untuk sebuah situs sepertinya gampang-gampang susah, pasalnya kata kunci tersebut harus merupakan sebuah kata yang memang saat ini menjadi trend dan banyak dicari oleh para pengguna internet, selain itu kata kunci ini tentunya harus sesuai dengan konten yang ada pada situs tersebut sehingga dianggap relevan oleh mesin penelusuran.

Saat ini telah banyak sekali artikel yang menjelaskan tentang meta tag kata kunci untuk sebuah situs baik itu website maupun blog sehingga memunculkan banyak spekulasi yang berbeda-beda sehingga akan membingungkan bagi seorang pemula yang sama sekali belum mengetahui meta tag kata kunci, maka pada tulisan ini kami tidak ingin menambah bingung dengan memberikan defenisi tentang meta tag kata kunci yang baik untuk sebuah situs website atau blog. Karena maksud dari tujuan kami menulis artikel tentang membuat meta tag kata kunci di blogger ini hanya akan menjelaskan bagaimana cara pembuatan meta tag tersebut disitus website atau blog anda, sehingga nantinya situs yang anda kelola mampu bersaing dengan situs-situs lain dan akan muncul dihalaman depan situs mesin pencarian baik itu mesin pencarian google maupun yang lainya.

Sesuai dengan judul tulisan ini yaitu membuat meta tag kata kunci di blogger, maka kami hanya menjelaskan bagaimana cara untuk membuat meta tag kata kunci di blogger saja, sedangkan nantinya cara yang akan kami jelaskan pada tulisan ini tidak bisa diterapkan di situs-situs web berbasis PHP, sehingga cara ini hanya akan bisa diterapkan di situs web atau blog yang berbasis HTML saja seperti Blogger dan beberapa layanan blog gratis lainya dan kode meta tag kata kunci ini merupakan meta tag kata kunci yang diterapkan disitus Blog Baca ini.

Berikut cara membuat meta tag kata kunci di blogger :

Langkah 1
Terlebih dahulu silahkan anda login ke akun blogger milik anda tentunya dengan menggunakan username serta password akun anda. Setelah masuk, selanjutnya silahkan anda klik menu " Template " lalu " Edit HTML " sehingga nantinya anda akan menemukan halaman penulisan kode-kode yang ada diblog milik anda.

Langkah 2
Cari kode <b:include data='blog' name='all-head-content'/> diantara kode-kode tersebut, agar lebih memudahkan anda saat mencari kode tersebut bisa dilakukan dengan cara menekan tombol " CTRL + F " pada keyboard laptop atau komputer anda, lalu tuliskan <b:include data='blog' name='all-head-content'/> lalu " Enter ". Setelah menemukan kode tersebut, maka yang harus anda lakukan yaitu menghapus kode tersebut hingga ke kode penutup </b:if>, meskipun pada setiap blog memiliki kode yang berbeda-beda, tetapi pada dasrnya kode tersebut akan berisi seperti ini.

<b:include data='blog' name='all-head-content'/>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
</b:if>

Langkah 3
Setelah menemukan dan menghapus kode tersebut, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu tinggal mengantikan kode yang sudah anda hapus tadi dengan mengcopy paste kode dibawah ini.

<b:include data='blog' name='all-head-content'/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.title/></title>
<meta content='Masukan Beberapa Kata Kunci Anda Disini' name='keywords'/>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<meta expr:content='data:blog.pageName' name='keywords'/>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta content='text/html; charset=utf-8' http-equiv='Content-Type'/>
<meta content='index, follow' name='robots'/>
<meta content='Masukan ID Pelacakan Alexa Anda' name='alexaVerifyID'/>
<meta content='Masukan ID Pelacakan Webmaster Google Anda' name='google-site-verification'/>
</b:if>

Setelah kode diatas telah terpasang dengan benar, maka silahkan Simpan Template.

Penjelasan : Tulisan yang kami beri warna biru silahkan anda ganti sesuai dengan kata kunci utama untuk blog anda karena ini merupakan kata kunci utama blog, tulisan yang kami beri warna merah merupakan kata kunci yang secara otomatis nantinya akan menjadikan judul artikel blog anda diartikan menjadi sebuah kata kunci dimata mesin pencarian, sedangkan tulisan yang berwarnat orange merupakan ID pelacakan yang diberi oleh alexa, webmaster, dll sehingga dengan begitu blog anda akan memiliki kata kunci dinamis sesuai dengan judul artikel yang anda tulis sehingga akan lebih relevan dimata search engine / mesin penelusuran.

Meta tag diatas sudah kami uji dan juga merupakan meta tag yang kami terapkan untuk Blog Baca, dari semua situs penguji meta tag analisa SEO, bahwa meta tag ini berjalan dengan baik dan mampu dibaca sebagai meta tag. Memang pada kode tersebut kami sengaja tidak memberikan meta tag deskripsi karena saat ini blogger telah mendukung pembuatan meta tag deskripsi secara otomatis pada setiap artikel yang kita tulis sehingga menjadi lebih relevan dan akan menjadi lebih baik dimata robot txt mesin pencarian. Untuk menampilkan deskripsi di setiap artikel bisa dilakukan yaitu dengan cara.

Klik menu " Setelan " lalu pilih " Preferensi penelusuran " setelah itu klik " Edit " lalu pilih " Ya " dan masukan deskripsi untuk halaman utama blog anda, lalu simpan.

Sedangkan untuk memberikan deskripsi untuk menampilkan disetiap artikel yang dibuat bisa dilakukan dengan cara, pada saat menulis artikel, coba perhatikan menu yang ada di samping kanan halaman, maka di menu tersebut terdapat menu " Deskripsi Penelusuran " silahkan klik menu tersebut, lalu masukan deskripsi yang relevan dengan isi artikel tulisan yang anda tulis, lalu klik " Selesai ". Sehingga artikel yang anda buat kini siap untuk di publikasikan dan telah memiliki meta tag kata kunci dan meta tag deskripsi yang dapat di baca oleh robot txt mesin pencarian. Semoga saja tulisan kali ini bisa bermanfaat dan menjadi sebuah bacaan yang menarik untuk dibaca, serta bisa dipahami dan diterapkan dengan mudah.



Sumber Artikel : Membuat Meta Tag Kata Kunci Di Blogger - Blog Baca http://www.blogbaca.com/2013/04/membuat-meta-tag-kata-kunci-di-blogger.html#ixzz2XXXyc29Y

0 comments:

Post a Comment