Silahkan pilih Templates yang anda suka di Project. Apabila anda berminat menggunakan jasa kami silahkan hubungi kami di :  081386428954 , Atau datang langsung di Kantor Pusat : jl Palem No 1 Beji Depok Jawa Barat :Indonesia

Wednesday 3 July 2013

Studi Kasus Mobile Website

generasi z

Q: How important are macro environmental changes to my digital marketing strategy?
Macro-environment sangat penting peranannya dalam dunia digital khususnya marketing strategi. Macro-environment berguna untuk melihat perubahan yang sedang terjadi di lingkungan dan untuk membantu membuat keputusan, selain itu juga melalui macro environment dapat mengidentifikasi dan mengevaluasi kejadian-kejadian di luar kontrol perusahaan. Walaupun disebutkan bahwa macro environment memakan waktu yang lama, tetapi dengan adanya hal tersebut akan memberikan dampak yang signifikan kepada perusahaan. Ketika berbicara tentang macro environment, hal ini tidak lepas dari faktor-faktor Social, Legal, Economy, Environmental, Political, dan  Technological. Masing-masing keenam faktor tersebut memiliki hubungan yang erat pada digital marketing strategy.

Jika sebuah perusahaan berhasil mengidentifikasi dan bertindak sesuai dengan keadaan micro-environment yang sedang dihadapinya, semua ini akan membuat perusahaan berbeda dan juga menghasilkan sebuah competitive advantages dibandingkan dengan perusahaan lain. Hal ini dapat terjadi karena, sebagai contoh bila salah satu kunci seperti teknologi, bila sebuah perusahaan berhasil unggul dalam hal teknologi dibandingkan perusahaan lain dan teknologi yang unggul ini diikui dengan kemampuan para target market yang mampu beradapatasi dengan teknologi maka hal ini akan membuat perusahaan itu berada lebih depan dibandingkan perusahaan-perusahaan lain yang masih menggunakan teknologi kuno.


Q: How can I ensure my online marketing activities are consistent with evolving culture and ethical standards of online communities?
Dalam memastikan bahwa kegiatan online marketing yang dilakukan sebuah perusahaan konsisten dengan berjalannya budaya dan standart etika komunitas online sebuah perusahaan harus dapat meningkatkan performance antara pihak CEO maupun pihak CMO sehingga terjadi keselarasan dalam menjalankan kegiatan online marketing ini.
Dengan digital marketing dapat dilakukan kegiatan online marketing. Digital marketing merupakan aplikasi dari internet yang berkaitan dengan teknologi digital yang berhubngan dengan komunikasi tradisional agar tercapai marketing objectives ( Chaffey & Ellis – Chadwick,2012 ). Untuk itu dapat dilihat bahwa untuk dapat mengkonsistenkan suatu kegiatan online marketing harus dapat mengerti lebih dalam esensi dari digital marketing.
Kebanyakan saat ini perusahaan memasuki era digital marketing dengan memulai dari social media seperti twitter, facebook, instagram, linked, dan lain sebagainya. Menurut kami, untuk gaya hidup baru masyarakat zaman sekarang yang sangat suka beraksi di social media merupakan hal yang baik dalam melakukan pendekatan sebuah perusahaan dengan konsumen maupun calon konsumennya. Hanya saja apakah hal tersebut dapat bertahan lama?
Agar dapat mengikuti alur kegiatan online marketing dan mengikuti berjalannya budaya dan etika komunitas yang ada sebuah perusahaan harus terus melakukan update terhadap kegiatan online marketing yang mereka lakukan. Tidak hanya terlena dengan social media saja tetapi perusahaan harus bisa merencanakan plan B agar dapat terus mempertahankan brand mereka.  Yang kami temukan cukup banyak perusahaan yang masih terlena dengan social media sehingga mengabaikan atau mengesampingkan kegiatan online marketing lainnya seperti google AdWords, blog, website yang sebenarnya tidak kalah efektifnya dengan penggunaan social media. Penggunaan video message maupun iklan – iklan di website juga dapat “mendongkrak” awareness suatu brand. Memang dari segi cost nya sendiri penggunaan social media jauh lebih murah, hanya saja untuk dapat tetap konsisten dibutuhkan pengorbanan lebih dari segi cost nya sendiri.
Maka dari itu, terlalu terfokus dengan hal yang sudah ada membuat sebuah perusahaan lupa diri sehingga tidak memikirkan bagaimana kedepannya. Sehingga untuk dapat terus konsisten dengan budaya dan standar etika komunitas tentunya sebuah perusahaan harus dapat memikirkan lebih kedepannya dan juga memahami lebih dalam komunitas – komunitas online sehingga dapat lebih mudah untuk masuk kedalam dunia online marketing. Pembangunan awareness suatu brand bukanlah hal yang jangka pendek melainkan jangka panjang yang memang harus dipikirkan lebih matang. Begitulah sebuah perusahaan harus dapat melirik untuk masuk ke dalam dunial digital marketing.

Q: How important is it for me to understand technological innovations?
Berkembangnya teknologi dalam dunia globalisasi begitu cepat. Maka dari pada itu, bila sebuah perusahaan tanpa diimbangi dengan kemajuan teknologi maka akan menghancurkan sebuah perusahaan secara perlahan-lahan.
Sehingga dengan sebuah perusahaan mengerti dan terus ikut dalam inovasi-inovasi teknologi yang ada akan membuat sebuah perusahaan tetap stay up to date akan perkembangan yang ada dan tidak terkalahkan dengan perusahaan lain. Dengan beigtu, baik pihak perusahaan tentu akan terbantu begitu juga dengan para konsumen semakin mudah dan akan terus menemukan inovasi-inovasi yang ada.
Selain itu, dengan mengikuti inovasi teknologi, maka perusahaan itu akan lebih bisa survive untuk maju kedepannya. Hal ini disebabkan karena dengan adanya teknologi maka akan menolong mereka dalam berbagai aspek, seperti marketing, operasional, dll.

Q: Which laws am I subject to when marketing online?
Lahirnya Citizen Journalism membantu masyarakat dalam mengembangkan informasi secara demokrasi seperti layaknya apa yang dilakukan oleh wartawan. Untuk bagian Online atau Teknologi dan Informatika demokrasi harus menjadi  hal yang sangat diperhatikan. Kebebasan berpendapat tidak selalu berujung dengan apa yang kita inginkan, terkadang kebebasan itu akan berujung pada sebuah masalah yang besar.
E-commerce merupakan sebutan segala bentuk transaksi perdagangan maupun perniagaan barang dan jasa memanfaatkan media elektronik. Seiring dengan cepatnya perubahan globalisasi dan majunya teknologi E-commerce menjadi sarana yang paling popular di era sekarang.
Lahirnya E-commerce serta kebebasan berpendapat banyak menimbulkan banyak kasus. Diantaranya ialah kasus penipuan hingga pencemaraan nama baik. Maraknya kasus tersebut membuat Indonesia  perduli dan angkat suara.
Undang-Undang Informasi Komunikasi dan Transaksi Elektronik
(UU ITE) pada mulai di rancang pada bulan Maret 2003 oleh Kementrian Negara Komunikasi dan Informasi (KOMINFO).  Lahirnya UU ITE pada bulan September 2005 yang disahkan oleh Bpk. Susilo Bambang Yudhoyono membuat setiap individu yang menggunakanya tidak dapat semena-menad dalam membuat maupun, meneruskan informasi.
Diantara UU ITE No 11 tahun 2008 pasar 28 ayat 1 yang berbunyi ‘’setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengangibatkan kerugian konsumen dalam transaksi elektronik’’. Pasal ini adalah salah satu pasal yang harus selalu diingat oleh masyarakat baik produsen maupun konsumen.

Q: How is social media marketing likely to impact on my business and what changes do I need to make in order to react to social changes in the online market place?
Sebuah perusahaan yang hendak menggunakan sosial media marketing tentu akan terus bertanya-tanya apakah dampak yang akan mereka dapatkan bila menggunakan metode tersebut. Jika dampak yang dirasakan oleh sang perusahaan lebih kecil dibandingkan biaya, baik materi maupun non materi, yang harus dikeluarkan tentu perusahaan tersebut lebih baik tidak melakukan perubahan tersebut.
Maka yang menjadi permasalahan adalah apakah dampak yang akan didapatkan sebuah perusahaan dengan menggunakan social media marketing.  Dengan adanya sosial media marketing, maka pihak perusahan dapat meningkatkan taraf komunikasi yang awalnya hanya bersifat satu arah, dimana dari pihak perusahaan kekonsumen saja, namun kini komunikasi yang terjadi bersifat dua arah. Komunikasi dua arah ini tidak hanya memberikan keuntungan baru pihak perusahaan saja. Tetapi, pihak konsumen juga merasakan keuntungan yang berbeda.
Bagi pihak perusahaan, penyebaran informasi menjadi lebih efektif dan efisien, baik pada sisi biaya materi maupun non materi. Non materi yang dimaksud pada konteks ini adalah seperti waktu yang singkat untuk membuat sebuah brand berada pada publik hingga mendapatkan brand awareness.
Sedangkan bagi para konsumen, mereka dapat dengan mudah memberikan saran atau bahkan rekomendasi bagi para perusahaan. Terlebih dari itu, mereka juga dapat menyalurkan aspirasinya pada pihak perusahaan tentang produk yang dihasilkan oleh sang perusahaan. Dengan begitu, para konsumen ini juga akan menjadi seorang konsumen yang loyal karena dengan dapat memberikan saran kepada perusahaan merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kepuasaan seseorang konsumen akan sebuah perusahaan.
Dengan komunikasi yang lebih mudah ini tentunya akan menghasilkan sebuah hubungan yang lebih kuat, dimana tidak hanya hubungan sekedar perusahaan dan konsumen yang biasa saja. Tetapi hubungan dengan social media ini menjadi lebih sekedar konsumen yang megonsumsi produk yang diproduksi oleh pihak perusahaan, tetapi juga turut serta aktif memberikan masukan bagi pihak konsumen untuk perusahaannya kedepan.
Untuk mengikuti perkembangan dan majunyd dunia sosial media marketing, sebuah perusahaan harus siap dengan melakukan perubahan-perubahan seperti harus siap untuk merespon semua berita, khususnya berita buruk yang ada dari konsumen pada sosial media tersebut, memonitor suara konsumen dan menjadikan konsumen sebagai suatu bagian yang penting, dan teloreansi akan resiko-resiko yang ada dalam penggunaan sosial digial marketing.

Q: What are the political influences which could influence my digital marketing planning?
Kita semua tahu bahwa pada masa kini marketing sangat erat hubungannya dengan media digital. Ketika kita ingin melakukan pemasaran melalui media digital, pasti ada undang-undang yang mengatur. Digital marketing planning meliputi:
Awareness: membangun kesadaran konsumen dengan cara memasang iklan di media online
Interest: ketika konsumen sudah di perkenalkan dengan produknya, timbul rasa ketertarikan. Pada saat itulah konsumen mencari informasi melalui media online yaitu google, yahoo dan juga di media sosial seperti facebook, twitter.
Desire: ketika timbul keinginan untuk membeli, konsumen akan mencari informasi yang lengkap dengan memasuki situs websitenya.
Action: tahap terakhir sebagai penentuan konsumen terhadap barang atau jasa.
Ketika melakukan pemasaran melalui digital marketing, tentunya terdapat undang-undang yang melindunginya. Pada saat melakukan pemasaran melalui email, ada beberapa ketentuan hukum yang tidak boleh dilanggar, yaitu:
- Dilarang menggunakan informasi palsu atau menyesatkan
- Dilarang menggunakan baris subjek yang menipu
- Identifikasi pesan sebagai iklan
- Menyertakan lokasi keberadaan pengirim kepada penerima pesan
- Memantau orang lain yang mengatas namakan perusahaan utama
- Menyewa perusahaan lain untuk menangani pemasaran email harus didasari atas tanggung jawab dengan mematuhi hukum yang berlaku.

Q: How do I keep up in a constantly changing marketing environment?
Dunia marketing terus berubah seperti halnya dunia terus berubah dan berkembang dengan cepatnya. Sehingga apa yang menjadi istimewa di hari kemarin, adalah hal yang umum di hari ini. Sehingga, kita tidak dapat memakai standard kemarin untuk bertarung memenangkan persaingan bisnis di hari ini.
Dan satu – satunya cara untuk dapat tetap bertahan dalam arus perubahan, hanyalah terus belajar dan terus berinovasi untuk mengendalikan arus perubahan. Perusahaan sebesar kodak bahkan baru saja menyatakan diri pailit karena tidak peka pada perubahan yang terjadi di masyarakat, bisnis yang telah berakar kuat selama 100tahun seperti itupun terbukti tutup usia ketika tidak berinovasi dan tidak peka pada perubahan yang terjadi.
Dalam dunia marketing sebenarnya tidak pernah lesu, hanya seringkali kita sebagai marketer yang kurang melakukan usaha lebih untuk melakukan pemasaran. Maka kita perlu untuk terus menambah kegiatan – kegiatan pemasaran, menambah iklan , promosi, dan semakin aktif dalam dunia online.

0 comments:

Post a Comment